Fitur Canggih, Aplikasi New PLN Mobile Diunduh 35 Juta Lebih Pengguna

0
414
FOTO istimewa

JAKARTA, KABARTERKINI.co.id – Aplikasi New PLN Mobile mendapat respons positif masyarakat. Hingga kini tercatat, 35 juta lebih pengguna terdaftar pada aplikasi yang dikembangkan PT PLN (Persero) ini. Dengan tingkat kepuasan 4,8 dari skala 5 di Play Store pada Kamis 1 Desember 2022.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, selama 2,5 tahun PLN melakukan transformasi secara masif, salah satunya melalui digitalisasi di berbagai aspek, dari pembangkit, transmisi, keuangan, pengadaan hingga layanan ke pelanggan.

“Business process yang tadinya berbelit, yang tadinya kompleks, di bongkar, di ringkas, dan kita sederhanakan,” ungkap Chief Transformation Officer PLN itu melalui keterangan tertulis.

Dengan transformasi ini, sambungnya, pelayanan PLN menjadi jauh lebih cepat. Pihaknya melakukan transformasi penanganan gangguan dengan mengintegrasikan aplikasi New PLN Mobile dengan virtual command center dan yantek optimization.

“Performance petugas PLN di lapangan yang sebelumnya tidak terukur kini terukur dan termonitor langsung pelanggan serta manajemen PLN hingga ke tingkat atas. Hal ini membuat kepercayaan masyarakat meningkat menggunakan New PLN Mobile,” kata Darmawan.

Kepala Satuan Manajemen Digital dan Teknologi Informasi PLN Suroso Isnandar mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat ini dipicu hadirnya beberapa fitur canggih. Yang membantu pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan. New PLN Mobile hadir menjawab tantangan zaman yang menuntut kecepatan, kemudahan dan efisiensi dalam genggaman tangan pelanggan.

“Misalnya ada layanan membeli dan membayar listrik, internet retail lewat Iconnet, EV Digital Services hingga market place,” tutur Suroso dalam acara Webinar Top Digital Awards It Works, Rabu 30 November kemarin.

Dari penambahan fitur itu, hasilnya pun mulai terlihat. Kini, menurutnya, aplikasi New PLN Mobile banyak diterima masyarakat. Karena banyak manfaatnya dan sangat membantu pelanggan. Hal itu terlihat dari jumlah orang yang mendownload dan rating aplikasi.

“Semula, aplikasi New PLN Mobile hanya di download 500.000 orang, dengan rating 2,5. Setelah langkah transformasi dilakukan, aplikasi New PLN Mobile sudah di download 35 jutaan orang dengan rating 4,9,” kata Suroso.

Bahkan, ungkapnya, New PLN Mobile dipercaya masyarakat sebagai kanal pengaduan yang fast dan reliable serta mampu menggeser kanal
call center. Sebelumnya, perbandingan yang masuk ke kanal call center dan PLN Mobile adalah 64 persen berbanding 32 persen.

Sedangkan pasca transformasi ini, kanal pengaduan lewat New PLN Mobile meningkat menjadi 64 persen. Sedangkan aduan lewat kanal call center 31 persen dan sisanya via media lain.

“Agar apa yang menjadi keluhan dari masyarakat tetap tertangani dan termonitor dengan baik. Tidak ada lagi cerita lama, saling menunggu karena tidak sigapnya petugas,” kata Suroso.

Pihaknya berharap, melalui transformasi PLN ini, layanan pelanggan bisa jauh lebih maksimal. Jadi aplikasi yang lama belum menjawab permintaan pelanggan, belum bisa membeli listrik dan tagihan lainnya.

“Selain itu, aplikasi lama tidak ada fitur interaktif terkait dengan pengaduan pelanggan, belum ada mekanisme digitalisasi end to end. Dengan New PLN Mobile semua komplain yang ada langsung berjalan cepat,” kata Suroso mengakhiri. (*red)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini