Bawaslu Natuna Launcing Pangawasan Partisipatif Pilkada 2024

0
1648
SAMBUTAN Ketua Bawaslu Natuna Siswandi

 

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Natuna melaunching atau mluncurkan program Pengawasan Partisipatif Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Lauching berlangsung di alun-alun Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur yang disejalankan dengan senam sehat bersama ratusan masyarakat, Ahad 25 Agustus 2024.

Ketua Bawaslu Natuna Siswandi mengatakan, dengan di launchingnya program pengawasan partisipatif ini, merupakan tanda atau alarm masuknya tahapan Pilkada 2024.

“Dari mulai pendaftaran, penetapan, dan kampanye calon hingga pemungutan suara, kami berharap semua elemen masyarakat harus selalu bersatu dan bertekad turut mengawasi Pilkada 2024,” kata Siswandi.

Sebagaimana diketahui bersama, sambungnya, sudah dilaksanakan proses pencocokan dan penelitian data pemilih (pencoklitan) dan ditetapkan sebanyak 57.829 pemilih oleh KPU Natuna.

“Dengan adanya kegiatan ini, saat masuknya tahapan kampanye, kami minta seluruh masyarakat turut mengawal pelaksaan Pilkada 2024. Sehingga berjalan dengan efektif,” kata Siswandi.

Ditanya tentang netralitas TNI, Polri serta Aperatur Sipil Negara (ASN). Ia menyatakan, TNI dan Polri tidak memiliki hak pilih. ASN memiliki hak plih namun tidak boleh mengikuti kampanye.

“Jadi ASN tidak perlu menghadiri kampanye secara langsung untuk mendengarkan visi, misi dan program dari calon kepala daerah,” kata Siswandi sambil mengapresiasi kekompakan seluruh Forkopimda Natuna dalam Pilkada 2024 ini.

Sekda Natuna Boy Wijanarko menyambut baik kegiatan Launching Pengawasan Partisipatif Pengawasan Pilkada 2024. Karena dapat menjadi informasi dan edukasi kepada semua pihak.

Seperti, bagaimana cara melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan di gelar pada 27 November 2024, dan pendaftaran calon pada 27 Agustus hingga 29 Agustus 2024 nanti.

“Bawaslu sebagai lembaga resmi dalam Pilkada, perlu berkolaborasi dalam pengawasan. Sehingga Pilkada 2024 berjalan aman dan lancar,” kata Boy mengakhiri. (*iwan)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini