Jelang Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Natuna Gelar Sosialisasi Netralitas ASN

0
117
SAMBUTAN Kepala BKPSDM Natuna Muhammad Alim Sanjaya

NATUNA, KABARTERKINI.co.id – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Natuna menggelar sosialisasi Implementasi Peraturan dan Non Peraturan Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pilkada Serentak 2024. Sosialisasi berlangsung di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Rabu 24 Juli 2024.

Kortib Hukum Pencegahan Parmas dan Humas Bawaslu Natuna Ila Nurlaila mengatakan, tujuan sosialisasi ini agar ASN tetap netral dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024. Dengan menghadirkan narasumber Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Natuna, perwakilan KPU Natuna, dan Bawaslu Provinsi Kepri.

“ASN atau PNS harus senantiasa menjaga netralitas. Karena mereka harus terbebas dari intervensi politik praktis, tidak hanya menjadi pengurus bahkan menjadi simpatisan pun merupakan perbuatan terlarang,” kata Ila.

“Netralitas ASN sangat penting untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pemilu atau Pilkada. Sehingga tidak terjadi konflik kepentingan,” katanya lagi.

Kepala BKPSDM Natuna Muhammad Alim Sanjaya mengungkapkan, sekitar 10 persen atau 5000-an pemilih di Natuna merupakan ASN yang memiliki pengaruh suara yang signifikan. Meski pun demikian, ASN yang netral tetap memiliki hak suara, tetapi dilarang terlibat dalam politik praktis.

“ASN harus netral bukan artinya mereka tidak memiliki hak suara, melainkan hanya tidak boleh melakukan politik praktis. Yang mengarah pada keberpihakan, berafiliasi dengan partai politik, serta membuat keputusan atau tindakan menguntungkan atau merugikan salah satu calon,” kata Alim.

Sesuai Undang-Undang ASN Nomor 20 Tahun 2023, menurutnya, ASN harus terbebas dari intervensi politik. Jadi ASN Natuna harus berkomitmen menjaga netralitas dengan menandatangani deklarasi netralitas ASN pada HUT Korpri pada tahun lalu.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, ASN Natuna dapat menjaga netralitas dan tidak terpengaruh oleh intervensi politik. Sehingga Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan lancar dan demokratis. (*budi)

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini