Layani Kesehatan Warga Perbatasan di Hari Bakti TNI AU

0
4235
KOMANDAN Lanud RSA Natuna Kolonel Penerbang Dedy Iskandar saat menyapa salah seorang warga
Rangkaian Hari Bakti TNI AU ke-77, Lanud RSA Natuna gelar pelayanan kesehatan gratis di Pantai Piwang, Ranai. Enam ratusan warga antusias hadir.
WAJAH Sopian tampak gembira, Rabu mulai beranjak siang, 10 Juli 2024. Kegembiraan warga Desa Cemaga, Kecamatan Bunguran Selatan itu, karena baru mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari salah seorang dokter Rumah Sakit TNI Angkatan Udara (RSAU) dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud Raden Sadjad (RSA) Natuna yang buka posko di Pantai Piwang Ranai. Ia tidak mau terus terang, penyakit apa yang dideritanya.

Sehingga harus berobat di salah satu kawasan wisata di tengah-tengah Kota Ranai, Ibukota Kabupaten Natuna. “Biasa, sakit orang tua,” kata pria setengah baya, setengah diplomasi dengan dialek Melayu Ranai sambil berlalu dari lokasi pengobatan yang dibangun memakai tenda portabel kedinasan, biasa digunakan Lanud RSA Natuna saat menggelar kegiatan sosial.

Namun Sopian tidak sendiri, seusai berobat, terlihat masih ada belasan warga lain, mengantri. Mereka ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari dokter pasukan keamanan ruang udara kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini, meskipun pagi mulai beranjak siang.

“Kalau saya berobat, hanya ingin mengecek mata,” kata Mahmud, rekan Sopian. Hasil pengecekan, indera penglihatannya harus dibantu menggunakan lensa positif atau kacamata plus. Karena saat membaca, tulisannya kabur. Kata Mahmud meniru ucapan dokter, “Wajar mata mulai kabur, di usia mulai mendekati kepala lima.”

Kepala RSAU dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA Natuna Letkol Kes. dr. Rahman Syahputra menuturkan, dari enam ratusan warga ingin mendapatkan pelayanan kesehatan dari rangkaian menyambut Hari Bakti TNI AU ke-77 yang jatuh setiap 29 Juli di Pantai Piwang ini, paling dominan mempunyai riwayat penyakit dalam. Tapi rata-rata masih dalam kondisi ringan.

Lalu, sebagian lagi meminta pelayanan kesehatan mata. Sebab dalam pelayanan kesehatan mata, selain mengecek kondisi indera penglihatan mereka, Lanud RSA Natuna juga memberikan kacamata gratis. Yang paling banyak, diberikan warga berobat mata, yakni kacamata plus atau kacamata baca.

“Faktor usia, sebagian warga perlu dukungan kacamata baca,” kata Rahman sambil menambahkan, TNI AU melalui RSAU dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA Natuna tetap terus berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan warga kabupaten kepulauan perbatasan ini.

KOMANDAN Lanud RSA Natuna Kolonel Penerbang Dedy Iskandar saat berbincang di Posko Pelayanan Kesehatan

Pembukaan Pelayanan Kesehatan Gratis

Kolonel Penerbang Dedy Iskandar menyapa seorang warga, dari ratusan warga yang mengantri di Posko Pelayanan Kesehatan di Pantai Piwang Ranai. Komandan Lanud RSA Natuna itu tidak sendiri, tampak antara lain, Sekda Natuna Boy Wijayanto Varianto dan Kasubdis Yankes Mabes TNI AU Jakarta Kolonel Kes dr. Heru Wishnu.

Sementara Dedy menyapa warga, setelah membuka secara resmi kegiatan pelayanan kesehatan gratis, rangkaian Hari Bakti TNI AU ke-77. Selain ke Posko Pelayanan Kesehatan, Perwira TNI AU melati tiga emas itu, bersama Boy dan rombongan, mengecek lokasi lain, seperti Posko Donor Darah dan Stand Pasar Ria.

“Dalam kegiatan pelayanan kesehatan, selain Dinas Kesehatan Mabes TNI AU dan RSAU dr. Yuniati Wisma Karyani Lanud RSA Natuna, kita juga mendapat dukungan dari Dinas Kesehatan Natuna, RSUD Natuna dan mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya yang sedang melaksanakan kegiatan di kabupaten ujung utara Indonesia ini,” kata Dedy.

Dalam pelayanan kesehatan, menurutnya, sebanyak 633 warga Natuna mendaftar. Mereka ingin mendapatkan pelayanan pengobatan penyakit gigi, pengobatan penyakit dalam, pengobatan penyakit pada anak, pemeriksaan kehamilan dan pemeriksaan mata. “Khusus yang mengalami gangguan mata karena usia, kita bagikan 120 kacamata baca,” kata Dedy.

Sedangkan kegiatan donor darah, ia mendapat dukungan dari personel TNI, Polri, Basarnas, Kejaksaan, Satpol PP serta masyarakat Natuna. Dari donor darah, terkumpul sebanyak 79 kantung. “Kalau Pasar Ria, kita mendapat dukungan dari Puskopau Lanud RSA, Ibu-ibu PIA Ardhya Garini dan UMKM Natuna,” kata Dedy sambil menambahkan, rangkaian menyambut Hari Bakti TNI AU ke-77, sesuai arahan komando atas harus mengutamakan kepentingan masyarakat wilayah teritorialnya.

“Terus terang, saya sangat mengapresiasi kegiatan pelayanan kesehatan gratis digelar Lanud RSA Natuna di Pantai Piwang Ranai,” timpal Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, sambil menyampaikan permohonan maaf sekaligus salam dari Bupati Natuna Wan Siswandi dan wakilnya, Rodhial Huda karena tidak bisa hadir dalam pembukaan kegiatan ini.

“Pak Bupati masih tugas di luar daerah, sedangkan Pak Wakil ada agenda penting tidak bisa tinggalkan. Jadi Beliau berdua, meminta saya mewakili kegiatan ini,” kata Boy, kembali mengapresiasi Lanud RSA Natuna telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan gratis, rangkaian menyambut Hari Bakti TNI AU ke-77. ****

Laporan Andi Surya

Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari KABARTERKINI.co.id. Ayo bergabung di Facebook dan Instagram KABARTERKINI.co.id, atau klik link https://www.kabarterkini.co.id

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini