Penyelenggaraan PON XX Papua, Presiden: Merupakan Panggung Persatuan

0
401

JAYAPURA, KABARTERKINI.co.id – Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 memiliki makna besar bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena pekan olahraga ini panggung persatuan, panggung kebersamaan dan panggung persaudaraan.

Demikian sambutan Presiden Joko Widodo saat membuka PON XX Papua 2021. Pembukaan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu 2 Oktober 2021.

“PON adalah panggung kesetaraan dan panggung keadilan untuk maju bersama dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Jokowi -biasa disapa- dikutip dari BPMI Setpres.

Penyelenggaraan pekan olahraga, sambungnya, menggambarkan kemajuan Papua dan menunjukkan kesiapan infrastruktur di Tanah Papua. Selain itu, memperlihatkan kesiapan masyarakat Papua menyelenggarakan acara besar dan berprestasi di kancah nasional dan internasional.

“Stadion yang sangat megah ini bukan satu-satunya simbol kemajuan Papua. Konektivitas laut, darat, udara, bandara, pelabuhan, jalan lintas Papua, serta pengembangan sumber daya manusianya merupakan capaian-capaian lain yang sangat membanggakan,” lanjut Jokowi.

Selain terus meningkakan kualitas dan kuantitas lembaga pendidikan formal, Kepala Negara juga meresmikan dimulainya pembangunan Papua Youth Creative Hub untuk mencetak wirausaha-wirausaha sukses, yang bisa meningkatkan nilai tambah dari potensi-potensi yang ada di Papua.

“Prestasi anak muda Papua harus terus dipupuk dan kita kembangkan. Prestasi atlet Papua seperti Lisa Rumbewas atlet angkat besi, Serafi Anelies Unani atletik, Franklin Ramses Burumi atletik, Boaz Solossa sepak bola, harus diikuti oleh anak muda Papua lainnya,” pesan Jokowi.

Selain bidang olahraga, kreativitas di bidang musik seni dan budaya juga sangat membanggakan. Menurut Kepala Negara, lagu “Cuma Saya” dari MAC dan “Jang Ganggu” dari Shine of Black pasti akan diikuti karya-karya lain yang tidak kalah hebatnya oleh anak-anak muda Papua.

Jokowi pun mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan, serta persatuan dan kesatuan bangsa.

“Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON XX ini,” pungkasnya. (*andi surya)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini